Cara Sederhana Budidaya Ikan Lele

Sekarang sudah banyak orang budidaya ikan lele di kolam bundar terutama di tempat kota-kota besar seperti halnya di kota Palembang ini, baik skala hobi dan bisnis, karena nama ikan lele sekarang sudah menjadi lebih baik di mata masyarakat, tidak seperti pada zaman nenek kita dulu nama ikan lele ini kurang diminati karena tempat kehidupan ikan lele tsb sangat terkenal kotor. tetapi di zaman sekarang ini nama lele sudah sangat baik bahkan menjadi kebutuhan pokok masyarakat untuk lauk pauk makanan kita sehari-hari. Untuk kebutuhan lele kosumsi di kota besar Palembang ini menghabiskan kurang lebih 2 ton perhari nya untuk kebutuhan masyarakat, penjual rumah makan, dan pecel lele yang sangat semarak sekali yang selalu kita lihat di pingiran trotoar jalan maupun toko. nahh disini kita bisa lihat ada peluang untuk kita memulai usaha sebagai budidaya ikan jenis lele ini, karena peluangnya sangat besar sekali. bagi anda yang ingin budidaya ikan lele tetapi tidak mempunyai lahan yang besar, jangan hawatir karena ada solusinya yaitu memakai kolam bundar palembang. contoh gambar ini adalah lahan kecil di teras depan rumah.



 Didalam budidaya lele sekarang ini sudah banyak sekali metode-metode ataupun tehnik, seperti Kovensional,Bioflock, NWS, Organik, dan lain-lain.
 adapun cara budidaya lele ini saya akan berbagi ilmu dan pengetahuan saya cara budidaya ikan lele tsb :
hari pertama,
- sebelum menebar ikan kedalam kolam bundar terlebih dahulu kita menyiapkan air setinggi 40 cm.
- siapkan dedak 30gr/m3, ragi tape 1butir/m3, beri air secukupnya, masukan dalam wadah dan tutup rapat sampai 3 hari.
- tambahkan dolomit 300gr/m3.
- probiotik 30-40 mill/m3
- fermantasi dedak diatas di saring lalu ambil air ny saja, masukan kedalam air kolam.
setelah 4 hari,
- tambahkan air setinggi minimal 70cm,
- dolomit 50gr/m3.
- probiotik 20ml/m3.
-hari ke 7 - 10 barulah tebar bibit .
ketika saat menebar bibit, ikan di wajibkan puasa selama 2-3 hari karna bibit masih merasakan stres saat di perjalanan dan tinggal  di tempat suhu yang baru. bibit ikan yang baru di tebar tidaklah merasakan kelaparan pada waktu puasa selama 2-3 hari karena didalam kolam sudah banyak terdapat makanan alami seperti jentik nyamuk, plankton, dan jenis mahkluk hidup lainnya dikolam tsb ( contoh poto di bawah ini air yang sudah siap di tebar bibit ).


setelah puasa barulah di kasih pakan yang berprotein tingggi secukupnya yang penting jangan berlebihan kerena akan mengandung zat racun ( pantogen ) dari sisa pakan.
ohya untuk aplikasi managemen air mingguan haruslah dilakukan sbb :
- dijalani 7 hari sekali.
- saat aplikasi ikan di puasakan 24 jam.
- semua aplikasi pagi hari.
- tambahkan ragi tape 1 butir/m3.
- ganti air kolam jika terpaksa, buang air dasar 30cm.
- aplikasi bakteri loctobacilus ( probiotik ) 20ml/m3.
- aplikasi dolomit 50-100 gr/m3.

inilah salah satu cara formalitas budidaya lele sebelum menebar bibit lele, cara ini bukan berarti kita selalu berhasil, yang penting kita cari info yang lain nya juga melalui sesama teman budidaya ikan lele, internet, dan lainnya ( berdoa dan berusaha, jangan pantang menyerah ). good luck !!!
oke lurr,,, sampai disini dulu cerita pendek saya ini, terima kasih sudah mampir di web kami ini.

No comments:

Post a Comment